logo
Article Andropause Bukan Akhir Segalanya doctor andropause
Article Andropause Bukan Akhir Segalanya doctor andropauseSHOPPING CART ( ) ITEM |
*** Selamat Datang di website resmi produk WISH by Boyke & Co, PT Cahyadi Mulia Nugraha *** Kami membuka peluang usaha menjadi AGEN WISH di seluruh Indonesia, bisnisnya mudah, keuntungan menjanjikan dan mudah dilakukan sebagai kerja sampingan bagi professional, karyawan maupun ibu rumah tangga. Hubungi kami segera di nomer : 0812.8814.5500

Article

Andropause Bukan Akhir Segalanya

Andropause Bukan Akhir Segalanya

Surabaya, Kompas - Sebanyak 42 persen lelaki berusia di atas 50 tahun mengalami andropause atau penurunan kadar testosteron. Penurunan fungsi seksual seorang lelaki paruh baya ini sesungguhnya masih bisa diatasi.

Hal ini, kata Guru Besar Urologi Universitas Airlangga Prof Dr dr Sabilal Alif SpU(K), berkaitan dengan sel leydig yang berperan sebagai produsen utama hormon testosteron. Pada usia 20 tahun, jumlah sel leydig mencapai 700 juta. Namun setiap 10 tahun, jumlah sel leydig berkurang 80 juta sel.

Pengurangan sel leydig, yang juga menurunkan kadar testosteron, biasanya menimbulkan gangguan fungsi seksual, seperti melemahkan dorongan seksual dan disfungsi ereksi. Karena berkaitan dengan metabolisme, hal ini juga bisa menurunkan kekuatan fisik, tertidur setelah makan, dan menambah massa lemak perut.

Kendati demikian, dalam orasi pengukuhan guru besar yang akan disampaikan pada Sabtu (18/9) di Kampus C Unair, Prof Sabilal menegaskan kekurangan androgen parsial pada lelaki berusia di atas 50 tahun (partial androgen deficiency in aging male/PADAM) bukan akhir segalanya. Masih ada terapi sulih hormon yang bisa dilakukan.

Dua kemasan baru testosteron yang relatif aman dan nyaman, kata Prof Sabilal, adalah testosterone gel 2 persen dan injeksi testosteron yang diberikan tiga bulan sekali. Penggunaan testosterone gel yang dioleskan di paha bagian dalam, misalnya, praktis. Namun, ini memerlukan ketekunan karena harus dilakukan sehari sekali.

Kendati demikian, sebelum menerapkan terapi sulih hormon ini, pasien dengan keluhan penurunan fungsi seksual harus menjalani tes untuk mengecek kadar testosteron. Normalnya, kadar testosteron seorang lelaki adalah 9,36-37,1 nanomol per liter atau 270-1.070 nanogram per desiliter.

Selain itu, tes untuk mengecek ada atau tidaknya kanker prostat seperti Prostate Specific Antigen (PSA) dan colok dubur harus dilakukan. Pasalnya, kata Prof Sabilal, pada kanker prostat aliran kencing tidak lancar. Pemberian hormon justru hanya membuat kanker semakin menyebar.

Perbaikan gigi

Selain Prof Sabil, pada Sabtu (18/9) juga akan dikukuhkan dua guru besar lain: Prof Dr Sri Kunarti Prijambodo drg SpKG(K) dan Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih Msi. Prof Kunarti mengangkat topik "Paradigma Baru dalam Penatalaksanaan Karies Gigi" untuk orasi ilmiahnya, sedangkan Prof Ni Nyoman dengan orasi berjudul "Peran Proteamik dalam Pengembangan Excelzyme di Industri".

Penanganan karies gigi atau gigi berlubang, menurut Prof Kunarti, semestinya tidak sekadar menambal. Namun, diperlukan juga pengecekan lingkungan gigi sehingga pencegahan bisa dilakukan dengan remineralisasi apabila ditemukan gigi berisiko karies

Secara klinis, gigi yang berisiko berlubang biasanya memiliki titik putih (white spot) yang kusam dan seperti berlubang-lubang kecil. Struktur gigi ini bisa dirasakan dengan sonde yang seperti jarum kecil. Selain itu, diperlukan juga tes keasaman mulut dan kekentalan serta keasaman air ludah (saliva).

Selanjutnya, gigi yang berpotensi karies diolesi fluor plus setelah menggosok gigi dan menjelang tidur. "Bahan ini tidak berbahaya karena terbuat dari susu. Namun dengan melakukannya berulang-ulang dan kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan, semestinya ada perbaikan kondisi gigi," tutur Prof Kunarti. (INA)

CEMAS DENGAN USIA TUA DAN ANDROPAUSE? JANGAN KAWATIR, KAMI PUNYA WISH PROLQ, HERBAL, AMAN DAN REKOMENDASI DOKTER UNTUK PARA PRIA YANG INGIN TETAP FIT SAMPAI TUA

ProLQ

Latest Article

Waspadai Efek Obat Kuat Pada PriaWaspadai, Efek Obat Kuat Pada Pria!
menambah stamina saat berhubungan intim menjadi alasan kebanyakan pria untuk mengonsumsi obat kuat. Padahal, obat ini dapat menimbulkan berbagai efek samping bahkan bisa menyebabkan kematian.
6 Kesalahan Celana Dalam Ini, Bisa Membahayakan Area Miss V
Berikut 6 kesalahan menggunakan celana dalam yang banyak dilakukan para wanita.
Pakaian dalam atau celana dalam adalah pelindung penting bagi bagian intim wanita. Jika Anda melakukan kesalahan dalam pemakaian celana dalam, maka hal tersebut dapat membahayakan area vagina Anda.
Penyebab Wanita Sulit Orgasme saat berhubungan intim
Pada saat melakukan hubungan intim bersama suami, seorang istri tentu ingin mencapai orgasme sebagai puncak kenikmatan saat bercinta. Tetapi yang perlu Anda ketahui, banyak wanita yang justru tidak mampu mencapai orgasme seperti yang diinginkan. Ada berbagai hal yang menyebabkan wanita tidak dapat mencapai puncak kenikmatan saat melakukan hubungan intim bersama suami. Berikut beberapa Penyebab Wanita Sulit Orgasme saat berhubungan intim :
MOBILE VERSION

LAYANAN PELANGGAN

HUBUNGI KAMICARA BELI

TENTANG WISH BOYKE

TENTANG KAMI
KONTAK KAMI
HARI & JAM KERJA SENIN - JUMAT / 08.00 - 16.00 WIB

EMAIL CARE@WISHBOYKE.CO.ID
TELP. +62 (021) 837 040 64
FAX +62 (021) 837 837 71

SOCIAL

Social BBM bbm
5F73F015
Social WA wa
+62 878 8898 7275
+62 812 8698 2139
Other Information Footer Icon 1 footer_icon_jne
Other Information Footer Icon 2 logo_tiki
Other Information Footer Icon 3 logo_gojek
Other Information Footer Icon 4 logo_bca
Other Information Footer Icon 5 logo_mandiri
Copyright © 2016 - Wish by Boyke & Co All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKT